Rabu, 27 April 2011

Home Stay di Pangalengan Hari Kedua

Hari kedua dimulai dengan bangun jam 4.30 Pagi , saya langsung menengok termometer yang kami gunakan untuk mengukur suhu di sana.

setelah itu saya membangunkan teman2 saya untuk sholat subuh di masjid , tetapi semuanya masih bergelut dengan dunia mimpi mereka..

Sedikit menyerah , saya pergi ke kamar mandi untuk buang air. Kembali ke ruang tamu tempat kami ( kelompok saya ) tidur.

kembali berusaha membangunkan semua rekan saya. Syukur 3 dari 5 rekan saya bangun. oh iya , saat saya bangun 1 rekan saya begadang malam itu sehingga ia tak dapat datang ke masjid untuk sholat subuh.

Saya berangkat lebih dahulu , takut terlambat tiba. Di masjid pertama yang saya lakukan adalah mengambil air wudhu , lalu mencari shaf yang depan tapi dekat dengan tembok.

singkat cerita , setelah semua sholat subuh , ada pengarahan untuk hari ini.
berhubung kelompok saya mendapat tugas mengajar , maka pembimbing kami memberikan instruksi untuk hanya 3 orang yang mengajar , sedangkan sisany ikut orang tua angkat ke tempat kerja untuk dokumentasi pekerjaan orang tua angkat.

tentusaja sebelum itu kami memasak untuk sarapan , dan segera sarapan agar tak mengganggu jadwal orang tua angkat beekrja.
seesai sarapan , saya pergi mengikuti bapak ke tempat kerjany.
Ternyata bapak adalah seorang pemelihara kebun teh.
tugas sehari-harinya adalah menyemprot kebun teh dengan pestisida untuk membunuh semua hama.
saat baapk sedang bekerja , saya sedikit mengobrol dengan mandorny si bapak.
Saya mendapat banyak informasi dari si mandorny bapak.
saya baru tahu bahwa upah bapak perhari adalah sekitar 25.000 rupiah , tapi itu di berikan perbulan jadi pendpaatan bapak sekitar 750.000 rupiah.
setelah sedikit mengobrol dengan pak mandor , semua pekerja kebun teh beristirahat untuk makan , walau masih sekitar jam 9 pagi.

saat itu saya berkaliling melihat-lihat keindahan kebun teh.
setelah itu saya memutuskan untuk pulang ke rumah untuk mandi.
setelah itu saya sedikit bersantai di rumah , sambil menunggu adzan dzuhur.
sekiat jam 10 3 rekan saya yang mengajar kembali.
kami langsung membuat makan siang.

setelah dzuhur tiba , saya sholat ke masjid , beberapa rekan saya memutuskan sholat di rumah.
setelah sholat , saya kembali ke rumah dan menunggu panitia untuk mengumumkan acar selanjutnya.
ternyata ada sparing bola antara SMA kami dengan masyarakat sekitar.

Sayang seribu sayang , saat sparing berlangsung hujan deras turun , segera saya kembali ke rumah untuk berteduh.
ternyata hujan cukup lebat sampai dapat membuat air mengalir di depan jalan rumah orang tua angkat kami.

saat hujan entanh mengapa badan saya terasa amat berat dan saya pun tertidur.
namun tidur saya tidaklah lama.
setelah bangun , seperti kemarin , kami mempersiapkan makan malam setelah shoalt ashar.

saat maghrib menghampiri , kami semua sholat jamaah d masjid , tapi hari ini agak berbeda dengan kemarin , karena di malam minggu ini , warga sekitar mengadakan pengajian.
jadi setelah sholat maghrib kami dipersilahkan pulang.

setelah waktu isya tiba , ada panitia datang ke rumah kami memberitahukan sebaiknya sholat isya di rumah. segera saya melaksanakan sholat isya.
lalu sekitar jam 9 malam , saat mata saya akan terpejam untuk tidur , ada guru yang memanggil kami , kami diminta berkumpul di masjid untuk evaluasi dan pengarahan untuk esok hari.
ternyata ada kasus yang d bahas malam itu , jadi kami baru kembali sekitar pukul 11 malam.

lelah akan ceramah , saya memutuskan langsung tidur. ternyata di sana ada sebuah kegiatan yang diakan malam hari yang bernama "ngeliwet" , saya mengatakn ingin ikut , namun ketika dibangunkan saya tidak bangun2 , jadi saya tidak mengikutinya.

itulah akhir dari hari kedua....

sungguh lelah di saat akan tidur...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar